Label

Selasa, 01 November 2011

Apakah PTK


1. Jelaskan pengertian tentang PTK.
PTK adalah penelitian praktis, yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan kekurangan atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas dengan cara melakukan tindakan-tindakan. Upaya tindakan untuk perbaikan dimaksudkan sebagai pencarian jawab atas permasalahan yang dialami guru dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Jadi masalah-masalah yang diungkap dan dicarikan jalan keluar dalam penelitian adalah masalah yang benar-benar ada dan dialami oleh guru. Dalam PTK yang dimaksud kelas adalah sekelompok siswa dalam waktu yang sama menerima pelajaran sama dari seorang guru. Dalam hal ini kelas bukan wujud ruangan tetapi diartikan sebagai sekelompok siswa yang sedang belajar.

2. Jelaskan mengapa PTK dianggap penting dilaksanakan oleh guru.
Beberapa pakar penelitian memberikan alasan mengapa PTK penting untuk dilakukan guru di sekolah. Alasan-alasan tersebut antara lain sebagai berikut.
a. PTK menawarkan suatu cara yang baru untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan atau profesional guru dalam kegiatan pembelajaran kelas (Suyanto, 1996). Sedangkan Cross (dalam Angelo, 1991) menyatakan bahwa hasil PTK dapat secara langsung dimanfaatkan untuk kepentingan kualitas kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dan dapat meningkatkan wawasan pemahaman guru tentang pembelajaran.
b. Guru dapat melakukan penelitian tentang masalah-masalah aktual yang mereka hadapi untuk mata pelajaran yang diampunya. Guru langsung dapat melakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran yang kurang berhasil agar menjadi lebih baik dan efektif.
c.  Pada saat melaksanakan PTK guru tidak meninggalkan tugasnya, artinya guru masih tetap melakukan kegiatan mengajar seperti biasa, dan pada saat yang bersamaan dan secara terintegrasi guru melaksanakan penelitian. Oleh karena itu PTK dapat dikatakan tidak mengganggu kelancaran kegiatan pembelajaran di dalam kelas (Kasihani, 1999).
d. PTK dapat menjadi jembatan kesenjangan antara teori dan praktek karena permasalahan-permasalahan yang diteliti adalah permasalahanpermasalahan yang dirasakan dan dialami guru sendiri. Setelah PTK guru akan memperoleh umpan balik yang sistematik mengenai kesesuaian antarateori pembelajaran dengan praktek yang mereka lakukan. Guru juga akanmengetahui teori yang tidak sesuai (tidak tepat) dengan praktek yangmereka lakukan, sehingga selanjutnya guru dapat memilih teori yang cocok dan dapat diterapkan di kelasnya.
e.  PTK dapat dilakukan oleh guru bersama-sama dengan pihak lain yang terkait. Misal berkolaborasi dengan guru mata pelajaran sejenis, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan yang lain untuk secara bersama-sama mengkaji permasalahan yang ada, untuk kemudian merencanakantindakan-tindakan agar permasalahan-permasalahan yang ada dapat seger dicarikan jalan keluarnya.

3. Sebutkan ciri-ciri yang dianggap penting dalam PTK.
Ciri-ciri atau karakteristik dari PTK adalah sebagai berikut.
a. PTK mengangkat problem atau permasalahan-permasalahan nyata dalam praktek pembelajaran sehari-hari yang dihadapi guru. Selanjutnya berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, guru mencari pemecahan masalahnya melalui PTK.
b. Pada PTK dilakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Tindakan-tindakan yang diambil harus direncanakan secara cermat oleh guru dan harus diimplementasikan, untuk selanjutnya dievaluasi agar dapat diketahui bahwa tindakan yang diambil memang dapat memecahkan permasalahan dalam pembelajaran yang sedangdialami guru.
c. PTK dapat dilakukan secara mandiri atau bersama-sama dalam suatu tim. Tim tersebut yang merencanakan, melaksanakan, dan membahas hasil penelitian secara bersama-sama.
d.  PTK merupakan bagian penting dari upaya pengembangan professional guru, karena dalam PTK guru dapat berfikir kritis dan sistematis, serta membiasakan guru untuk menulis serta membuat catatan.

4. Apa tujuan dilaksanakan PTK?
Tujuan dilaksanakan PTK adalah sebagai berikut.
a. PTK bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki praktek pembelajaran yang dilakukan guru, mengingat masyarakat kita berkembang begitu cepat. Hal ini akan berakibat terhadap meningkatnya tuntutan layanan pendidikan yang harus dilakukan oleh guru.
b.  PTK bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan atau perbaikan praktek pembelajaran di kelas hanya tujuan antara, sedangkantujuan akhir adalah peningkatan mutu pendidikan.
c. PTK bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya akademik di sekolah sehingga tercipta sikap proaktif untuk memperbaiki pembelajaran berdasar pada persoalan-persoalan pembelajaran yang dihadapi guru di kelas.

5. Sebutkan prinsip dasar dikembangkannya PTK.
Prinsip dasar PTK adalah sebagai berikut.
a.  PTK tidak boleh mengganggu tugas guru yaitu mengajar. Jadi bila guru melakukan PTK sebenarnya dalam rangka mengembangkan perannya sebagai guru yang profesional, karena salah satu ciri guru yang professional adalah dapat mengajar dengan efektif sambil melakukan penelitian.
b. Pada saat kegiatan pengumpulan data dalam PTK tidak disarankan menggunakan waktu yang terlalu lama.
c. Metodologi yang digunakan dalam PTK harus tepat dan terpercaya. Bila metodologinya tepat akan memberi peluang guru untuk memformulasikan hipotesis tindakan dan mengembangkan strategi yang dapat diterapkan di kelasnya.
d.  Masalah yang diangkat dalam PTK harus merupakan masalah yang memang ada, faktual, menarik, dan layak untuk diteliti. PTK sebaiknya dimulai dari hal-hal sederhana dan nyata. Siklus dimulai dari yang kecil sehingga perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi menjadi lebih jelas.
e. PTK berorientasi pada perbaikan pendidikan dengan jalan melakukan perubahan-perubahan yang dilaksanakan dalam tindakan-tindakan.
f.  PTK merupakan proses akademik yang memerlukan kemampuan dan keterampilan intelektual. Pada saat proses penelitian, maka peneliti dituntut berpikir kritis yaitu mulai menentukan masalah, perencanaan baik yang bersifat teoritik maupun praktis, dan dijabarkan dalam tindakan-tindakan.
g. PTK menuntut guru untuk membuat catatan-catatan pribadi tentang semua kemajuan atau perubahan siswa, permasalahan-permasalahan yang dialami, serta proses pelaksanaan tindakan-tindakan dalam penelitian.

6. Jelaskan langkah-langkah untuk melaksanakan PTK.
Langkah-langkah PTK yang sering dikembangkan oleh para guru adalah PTK
yang digali oleh Kemmis dan Mc Taggart yaitu penelitian tindakan yang
dipandang sebagai suatu siklus spiral dari penyusunan perencanaan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi yang selanjutnya
mungkin diikuti dengan siklus spiral berikutnya.
a. Refleksi awal
Refleksi awal dimaksudkan sebagai kegiatan penjajagan yang dimanfaatkan untuk mengumpulkan informasi tentang situasi-situasi yang relevan dengan tema penelitian. Berdasarkan hasil refleksi awal dapat dilakukan pemfokusan masalah yang selanjutnya dirumuskan menjadi masalah penelitian. Berdasar rumusan masalah tersebut maka dapat ditetapkan tujuan penelitian.
b.  Penyusunan perencanaan
Penyusunan perencanaan didasarkan pada hasil penjajagan refleksi awal. Secara rinci perencanaan mencakup tindakan yang akan dilakukan untuk memperbaiki, meningkatkan, atau mengubah perilaku dan sikap yang diinginkan sebagai solusi dari permasalahan-permasalahan.
c.  Pelaksanaan tindakan
Pelaksanaan tindakan menyangkut apa yang dilakukan peneliti sebagai upaya perbaikan, peningkatan, atau perubahan yang dilaksanakan berpedoman pada rencana tindakan.
d. Observasi (pengamatan)
Kegiatan observasi dalam PTK dapat disejajarkan dengan kegiatan pengumpulan data dalam penelitian formal. Dalam kegiatan ini peneliti mengamati hasil atau dampak dari tindakan yang dilaksanakan atau dikenakan terhadap siswa. Istilah observasi digunakan karena data yang dikumpulkan melalui teknik observasi.
e. Refleksi
Pada dasarnya kegiatan refleksi merupakan kegiatan analisis, sintesis, interpretasi terhadap semua informasi yang diperoleh saat kegiatan tindakan. Dalam kegiatan ini peneliti mengkaji, melihat, danmempertimbangkan hasil-hasil atau dampak dari tindakan. Setiap informas yang terkumpul perlu dipelajari kaitan yang satu dengan lainnya dan kaitannya dengan teori atau hasil penelitian yang telah ada dan relevan.
Melalui refleksi yang mendalam dapat ditarik kesimpulan yang mantap dan tajam. Refleksi merupakan bagian yang sangat penting dari PTK yaitu untuk memahami proses dan hasil yang terjadi, berupa perubahan sebagai akibat dari tindakan yang dilakukan.

7. Apa yang dimaksud siklus dalam PTK?
Siklus PTK adalah putaran kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanakan tindakan, observasi, dan refleksi. Banyaknya siklus dalam PTK tergantung dari permasalahan yang perlu dipecahkan. Pada umumnya lebih dari satu siklus.

8. Jelaskan secara singkat unsur-unsur dari proposal PTK.
Unsur-unsur/komponen-komponen yang ada pada proposal PTK adalah sebagai berikut:
a. Judul penelitian hendaknya ditulis singkat dan spesifik. Hal utama yang harus tercermin dalam judul adalah  gambaran dari permasalahan dan bentuk tindakan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan.
b. Latar belakang masalah
Pada bagian ini peneliti mengemukakan kondisi yang seharusnya atau yang diinginkan dan kondisi yang      ada saat ini, sehingga terlihat adanya kesenjangan dan merupakan masalah yang menuntut dicarikan jalan keluar melalui PTK.
c. Rumusan masalah
Bagian ini umumnya berisi rincian tentang masalah dan cara memecahkannya. Rumusan masalah sebaiknya menggunakan kalimat tanya dengan mengajukan alternatif tindakan yang akan dilakukan.
d. Tujuan penelitian
Pada bagian ini dikemukakan secara singkat tentang tujuan penelitian yang ingin dicapai berdasar permasalahan yang dikemukakan dan dirumuskan dalam bentuk pernyataan. Tujuan penelitian harus terjawab dalam kesimpulan hasil penelitian.
e. Manfaat hasil penelitian
Diuraikan kegunaan atau sumbangan yang diperoleh dari hasil penelitian sehingga tampak manfaatnya bagi siswa, guru pelaksana penelitian, maupun guru lain, dan sekolah. Dikemukakan pula inovasi yang diperoleh dari hasil penelitian.
f. Kajian pustaka.
Pada bagian ini diuraikan dengan jelas teori dan pustaka yang mendukung atau menumbuhkan gagasan yang melandasi usulan rancangan tindakan. Dengan dilakukannya tindakan akan terjadi perubahan, perbaikan atau
peningkatan. Uraian ini akan digunakan untuk menyusun kerangka pikir atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian.
g. Metodologi penelitian
Pada bagian ini dicantumkan semua hal yang berkenaan dengan prosedur dan tata cara dalam PTK. Uraikan secara jelas prosedur penelitian yang akan dilakukan, subyek, waktu, dan lamanya tindakan, serta lokasi
penelitian. Prosedur penelitian meliputi penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, pengamatan, dan refleksi yang semuanya terangkai dalam siklus. Tidak kalah pentingnya juga mencantumkan cara pengumpulan data dan teknik analisisnya.
h. Jadwal penelitian
Berisi penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan, waktu dimulainya pelaksanaan kegiatan sampai akhir pembuatan laporan.
i. Personalia penelitian
Berisi nama-nama yang melaksanakan penelitian dan kedudukannya dalam tim.
j. Anggaran biaya
Bila dana harus dipertanggungjawabkan maka pada bagian ini dicantumkan anggaran biaya dalam penelitian.


2. Perlukah proposal diseminarkan? Di mana sebaiknya?
Proposal sangat perlu diseminarkan, karena dari seminar tersebut peneliti akan mendapatkan saran-saran yang sangat bermanfaat untuk menyempurnaka proposal. Mengenai tempat dan banyaknya orang yang mengikuti seminar tidak ada ketentuan yang mengikat. Namun demikian, apabila memungkinkan akan lebih baik bila dilaksanakan di forum KKG, agar pesertanya beragam dan banyak. Bagaimana bila tidak memungkinkan? Guru peneliti dapat seminar di sekolah dengan mengundang semua guru dan kepala sekolah di tambah beberapa guru dari sekolah lain yang terdekat.

Sumber : Buku PAKET FASILITASI PEMBERDAYAAN KKG/MGMP MATEMATIKA
Penulis : Dra. Sukayati, M.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar