1. Jelaskan pengertian tentang PTK.
PTK adalah penelitian praktis, yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan kekurangan atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas dengan cara melakukan tindakan-tindakan. Upaya tindakan untuk perbaikan dimaksudkan sebagai pencarian
jawab atas permasalahan yang dialami guru dalam
melaksanakan tugasnya sehari-hari. Jadi masalah-masalah yang diungkap dan dicarikan jalan keluar dalam penelitian adalah
masalah yang benar-benar ada dan dialami oleh
guru. Dalam PTK yang dimaksud kelas adalah sekelompok
siswa dalam waktu yang sama menerima pelajaran sama dari seorang guru. Dalam hal ini kelas bukan wujud ruangan tetapi
diartikan sebagai sekelompok siswa yang sedang
belajar.
2. Jelaskan mengapa PTK dianggap penting dilaksanakan oleh
guru.
Beberapa pakar penelitian memberikan alasan mengapa PTK penting
untuk dilakukan guru di sekolah.
Alasan-alasan tersebut antara lain sebagai berikut.
a. PTK
menawarkan suatu cara yang baru untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan atau profesional guru dalam kegiatan pembelajaran kelas (Suyanto, 1996). Sedangkan Cross (dalam Angelo, 1991) menyatakan bahwa hasil PTK dapat secara langsung
dimanfaatkan untuk kepentingan kualitas
kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dan dapat
meningkatkan wawasan pemahaman guru tentang pembelajaran.
b. Guru
dapat melakukan penelitian tentang masalah-masalah aktual yang mereka hadapi untuk mata pelajaran yang diampunya. Guru langsung
dapat melakukan tindakan-tindakan
untuk memperbaiki atau meningkatkan praktek-praktek
pembelajaran yang kurang berhasil agar menjadi lebih baik dan efektif.
c. Pada
saat melaksanakan PTK guru tidak meninggalkan tugasnya, artinya guru masih tetap melakukan kegiatan mengajar seperti biasa, dan
pada saat yang bersamaan dan secara
terintegrasi guru melaksanakan penelitian. Oleh
karena itu PTK dapat dikatakan tidak mengganggu kelancaran kegiatan pembelajaran di dalam kelas (Kasihani, 1999).
d. PTK dapat
menjadi jembatan kesenjangan antara teori dan praktek karena permasalahan-permasalahan yang diteliti adalah
permasalahanpermasalahan yang dirasakan dan dialami guru
sendiri. Setelah PTK guru akan memperoleh umpan balik yang
sistematik mengenai kesesuaian antarateori pembelajaran dengan praktek yang
mereka lakukan. Guru juga akanmengetahui teori yang tidak sesuai (tidak tepat)
dengan praktek yangmereka lakukan, sehingga selanjutnya guru dapat memilih
teori yang cocok dan dapat diterapkan di
kelasnya.
e. PTK
dapat dilakukan oleh guru bersama-sama dengan pihak lain yang terkait. Misal berkolaborasi dengan guru mata pelajaran sejenis,
kepala sekolah, dan tenaga kependidikan
yang lain untuk secara bersama-sama mengkaji
permasalahan yang ada, untuk kemudian merencanakantindakan-tindakan agar
permasalahan-permasalahan yang ada dapat seger dicarikan
jalan keluarnya.
3. Sebutkan ciri-ciri yang dianggap penting dalam PTK.
Ciri-ciri atau karakteristik dari PTK adalah sebagai berikut.
a. PTK
mengangkat problem atau permasalahan-permasalahan nyata dalam praktek pembelajaran sehari-hari yang dihadapi guru. Selanjutnya berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, guru
mencari pemecahan masalahnya melalui PTK.
b. Pada PTK
dilakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas.
Tindakan-tindakan yang diambil harus direncanakan secara
cermat oleh guru dan harus diimplementasikan, untuk selanjutnya dievaluasi agar dapat diketahui bahwa tindakan yang diambil memang dapat memecahkan permasalahan dalam pembelajaran yang
sedangdialami guru.
c. PTK
dapat dilakukan secara mandiri atau bersama-sama dalam suatu tim. Tim tersebut yang merencanakan, melaksanakan, dan membahas hasil penelitian secara bersama-sama.
d. PTK
merupakan bagian penting dari upaya pengembangan professional guru, karena dalam PTK guru dapat berfikir kritis dan sistematis,
serta membiasakan guru untuk menulis
serta membuat catatan.
4. Apa tujuan dilaksanakan PTK?
Tujuan dilaksanakan PTK adalah sebagai berikut.
a. PTK
bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki praktek pembelajaran yang dilakukan guru, mengingat masyarakat kita berkembang begitu
cepat. Hal ini akan berakibat terhadap
meningkatnya tuntutan layanan pendidikan yang
harus dilakukan oleh guru.
b. PTK
bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan atau perbaikan praktek pembelajaran di kelas hanya tujuan antara,
sedangkantujuan akhir adalah peningkatan mutu pendidikan.
c. PTK
bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya akademik di sekolah sehingga tercipta sikap proaktif untuk memperbaiki pembelajaran
berdasar pada persoalan-persoalan
pembelajaran yang dihadapi guru di kelas.
5. Sebutkan prinsip dasar dikembangkannya PTK.
Prinsip dasar PTK adalah sebagai berikut.
a. PTK
tidak boleh mengganggu tugas guru yaitu mengajar. Jadi bila guru melakukan PTK sebenarnya dalam rangka mengembangkan perannya sebagai guru yang profesional, karena salah satu ciri guru yang professional adalah dapat mengajar dengan efektif sambil melakukan penelitian.
b. Pada
saat kegiatan pengumpulan data dalam PTK tidak disarankan menggunakan waktu yang terlalu lama.
c. Metodologi yang digunakan dalam PTK harus tepat dan terpercaya.
Bila metodologinya tepat akan memberi
peluang guru untuk memformulasikan hipotesis
tindakan dan mengembangkan strategi yang dapat diterapkan di kelasnya.
d. Masalah
yang diangkat dalam PTK harus merupakan masalah yang memang ada, faktual, menarik, dan layak untuk diteliti. PTK sebaiknya
dimulai dari hal-hal sederhana dan nyata.
Siklus dimulai dari yang kecil sehingga perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi menjadi lebih
jelas.
e. PTK
berorientasi pada perbaikan pendidikan dengan jalan melakukan perubahan-perubahan yang dilaksanakan dalam tindakan-tindakan.
f. PTK
merupakan proses akademik yang memerlukan kemampuan dan keterampilan intelektual. Pada saat proses penelitian, maka
peneliti dituntut berpikir kritis yaitu mulai
menentukan masalah, perencanaan baik yang bersifat
teoritik maupun praktis, dan dijabarkan dalam tindakan-tindakan.
g. PTK
menuntut guru untuk membuat catatan-catatan pribadi tentang semua kemajuan atau perubahan siswa, permasalahan-permasalahan yang dialami, serta proses pelaksanaan tindakan-tindakan dalam
penelitian.
6. Jelaskan langkah-langkah untuk melaksanakan PTK.
Langkah-langkah PTK yang sering dikembangkan oleh para guru adalah
PTK
yang digali oleh Kemmis dan Mc Taggart yaitu penelitian tindakan
yang
dipandang sebagai suatu siklus spiral dari penyusunan perencanaan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi yang
selanjutnya
mungkin diikuti dengan siklus spiral berikutnya.
a. Refleksi awal
Refleksi awal dimaksudkan sebagai kegiatan penjajagan yang
dimanfaatkan untuk mengumpulkan informasi
tentang situasi-situasi yang relevan dengan tema
penelitian. Berdasarkan hasil refleksi awal dapat dilakukan pemfokusan masalah yang selanjutnya dirumuskan menjadi masalah penelitian. Berdasar rumusan masalah tersebut maka dapat
ditetapkan tujuan penelitian.
b. Penyusunan
perencanaan
Penyusunan perencanaan didasarkan pada hasil penjajagan refleksi
awal. Secara rinci perencanaan
mencakup tindakan yang akan dilakukan untuk memperbaiki, meningkatkan, atau
mengubah perilaku dan sikap yang diinginkan sebagai solusi dari
permasalahan-permasalahan.
c. Pelaksanaan
tindakan
Pelaksanaan tindakan menyangkut apa yang dilakukan peneliti
sebagai upaya perbaikan, peningkatan,
atau perubahan yang dilaksanakan berpedoman
pada rencana tindakan.
d. Observasi (pengamatan)
Kegiatan observasi dalam PTK dapat disejajarkan dengan kegiatan pengumpulan data dalam penelitian formal. Dalam kegiatan ini
peneliti mengamati hasil atau dampak dari
tindakan yang dilaksanakan atau dikenakan
terhadap siswa. Istilah observasi digunakan karena data yang dikumpulkan melalui teknik observasi.
e. Refleksi
Pada dasarnya kegiatan refleksi merupakan kegiatan analisis,
sintesis, interpretasi terhadap semua
informasi yang diperoleh saat kegiatan tindakan.
Dalam kegiatan ini peneliti mengkaji, melihat, danmempertimbangkan hasil-hasil
atau dampak dari tindakan. Setiap informas yang
terkumpul perlu dipelajari kaitan yang satu dengan lainnya dan kaitannya dengan teori atau hasil penelitian yang telah ada dan
relevan.
Melalui refleksi yang mendalam dapat ditarik kesimpulan yang
mantap dan tajam. Refleksi merupakan bagian
yang sangat penting dari PTK yaitu untuk memahami
proses dan hasil yang terjadi, berupa perubahan sebagai akibat dari tindakan yang dilakukan.
7. Apa yang dimaksud siklus dalam PTK?
Siklus PTK adalah putaran kegiatan yang terdiri dari perencanaan,
pelaksanakan tindakan, observasi, dan
refleksi. Banyaknya siklus dalam PTK tergantung dari permasalahan yang perlu dipecahkan. Pada umumnya lebih dari satu
siklus.
8. Jelaskan secara singkat unsur-unsur dari proposal PTK.
Unsur-unsur/komponen-komponen yang ada pada proposal PTK adalah
sebagai berikut:
a. Judul penelitian hendaknya ditulis singkat dan spesifik. Hal
utama yang harus tercermin dalam judul adalah gambaran dari permasalahan dan bentuk tindakan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan.
b. Latar belakang masalah
Pada bagian ini peneliti mengemukakan kondisi yang seharusnya atau
yang diinginkan dan kondisi yang ada saat ini, sehingga terlihat adanya kesenjangan dan merupakan masalah yang menuntut dicarikan jalan
keluar melalui PTK.
c. Rumusan masalah
Bagian ini umumnya berisi rincian tentang masalah dan cara memecahkannya. Rumusan masalah sebaiknya menggunakan kalimat tanya dengan mengajukan alternatif tindakan yang akan dilakukan.
d. Tujuan penelitian
Pada bagian ini dikemukakan secara singkat tentang tujuan
penelitian yang ingin dicapai berdasar permasalahan yang dikemukakan dan
dirumuskan dalam bentuk pernyataan. Tujuan penelitian harus terjawab dalam kesimpulan hasil penelitian.
e. Manfaat hasil penelitian
Diuraikan kegunaan atau sumbangan yang diperoleh dari hasil
penelitian sehingga tampak manfaatnya bagi siswa, guru pelaksana penelitian, maupun guru lain, dan sekolah. Dikemukakan pula inovasi yang
diperoleh dari hasil penelitian.
f. Kajian pustaka.
Pada bagian ini diuraikan dengan jelas teori dan pustaka yang
mendukung atau menumbuhkan gagasan yang melandasi usulan rancangan tindakan. Dengan dilakukannya tindakan akan terjadi perubahan, perbaikan
atau
peningkatan. Uraian ini akan digunakan untuk menyusun kerangka
pikir atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian.
g. Metodologi penelitian
Pada bagian ini dicantumkan semua hal yang berkenaan dengan
prosedur dan tata cara dalam PTK. Uraikan secara jelas prosedur penelitian
yang akan dilakukan, subyek, waktu, dan lamanya tindakan, serta lokasi
penelitian. Prosedur penelitian meliputi penyusunan rencana
tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, pengamatan, dan refleksi yang
semuanya terangkai dalam siklus. Tidak kalah pentingnya juga mencantumkan
cara pengumpulan data dan teknik analisisnya.
h. Jadwal penelitian
Berisi penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan, waktu
dimulainya pelaksanaan kegiatan sampai akhir pembuatan laporan.
i. Personalia penelitian
Berisi nama-nama yang melaksanakan penelitian dan kedudukannya dalam tim.
j. Anggaran biaya
Bila dana harus dipertanggungjawabkan maka pada bagian ini
dicantumkan anggaran biaya dalam penelitian.
2. Perlukah proposal diseminarkan? Di mana sebaiknya?
Proposal sangat perlu diseminarkan, karena dari seminar tersebut
peneliti akan mendapatkan saran-saran yang sangat bermanfaat untuk
menyempurnaka proposal. Mengenai tempat dan banyaknya orang yang mengikuti
seminar tidak ada ketentuan yang mengikat. Namun demikian, apabila memungkinkan
akan lebih baik bila dilaksanakan di forum KKG, agar pesertanya beragam
dan banyak. Bagaimana bila tidak memungkinkan? Guru peneliti dapat
seminar di sekolah dengan mengundang semua guru dan kepala sekolah di tambah beberapa guru dari sekolah lain yang terdekat.
Sumber : Buku PAKET FASILITASI PEMBERDAYAAN
KKG/MGMP MATEMATIKA
Penulis : Dra.
Sukayati, M.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar