Oleh: Drs.
Marsudi, M.Pd.
Keterampilan
|
Meliputi
|
1. Mengobservasi
(mengamati) menggunakan 5 indera kita
|
a. Membedakan
b. Menghitung
c. Mengukur: suhu, panjang,
luas, berat, waktu
|
2. Mengklasifikasi
|
Menggolong-golongkan
atas dasar aspek-aspek tertentu, mengurutkan atas dasar aspek tertentu serta
kombinasi antara menggolongkan dan mengurutkan
|
3. Mengiterpretasi
|
Termasuk
mengiterpretasi data, grafik, maupun mencari pola hubungan yang terdapat
dalam pengolahan data
|
4. Memprediksi
|
Termasuk
membuat ramalan atas dasar kecenderungan yang terdapat dalam pola data yang
telah di dapat
|
5. Keterampilan membuat
hipotesis
|
Kemampuan
berpikir deduktif dengan menggunakan konsep-konsep, teori-teori maupun hukum-hukum
pada ilmu yang telah dikenal
|
6. Mengenal variabel
|
Variabel
Manipulasi, Variabel Respon
|
7. Mengendalikan variabel
|
Yaitu upaya
untuk mengisolasi variable yang tidak diteliti sehingga adanya perbedaan pada
hasil eksperimen dapat di minimalisir, supaya eksperimen tersebut tidak
terjadi penyimpangan hasil
|
8. Definisi operasional
variabel
|
Menunjukkan
bagaimana variable dalam eksperimen tersebut diukur, sehinga bila eksperimen
tersebut dilacak orang lain hasilnya tetap
|
9. Merencanakan dan
Melakukan penelitian
|
Eksperimen
yang meliputi: Penetapan masalah, membuat hipotesis, membuat rancangan
penelitian, menguji hipotesis, membuat tabel data, membuat grafik data
|
10. Inferensi atau
menyimpulkan
|
Yaitu
kemampuan menarik kesimpulan dari hasil pengolahan data
|
11. Menerapkan atau Aplikasi
|
Menggunakan
konsep atau hasil penelitian ke dalam perikehidupan sehari-hari dalam
masyrakat
|
12. Keterampilan
Mengkomunikasikan
|
Yaitu
kemampuan siswa untuk mengkomunikasikan pengetahuannya dari hasil pengamatan
maupun hasil penelitiannya baik secara lisan maupun secara tertulis
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar